Selasa, 17 Maret 2009

Fungsi dan kapan Legend Type digunakan..


1. Single Symbol : Single Symbol digunakan untuk menandakan sebuah tempat seperti kota, area, danau, dll. Single Symbol digunakan saat kita ingin memberikan sebuah tanda pada peta, berupa tanda kota, sungai, area, dll.


2. Graduated Color : Graduated Color digunakan untuk membedakan berbagai macam klasifikasi pada peta dengan menggunakan warna. Graduated Color dapat digunakan untuk membedakan klasifikasi Populasi, jenis kelamin, umur, status warga, dll. Simbol Graduated Color terdiri dari bermacam warna. Macam warna tersebutlah yang akan membedakan klasifikasi-klasifikasi di atas. Sebagai contoh, untuk Populasi kurang dari 10.000 simbolnya berwarna cerah, sedangkan untuk populasi yang lebih dari 10.000 simbolnya berwarna gelap. Dengan opsi "Normalize by" yang ada pada Graduated Color, kita bisa mempersempit pengklasifikasian dengan mengkhususkan untuk menyeleksi hal-hal tertentu. Contohnya kita bisa mencari jumlah populasi pada suatu area yang hanya berjenis kelamin pria. Graduated Color digunakan saat kita ingin membedakan klasifikasi-klasifikasi suatu dareah dengan menggunakan warna.


3. Graduated Symbol : Graduated Symbol digunakan untuk membedakan berbagai macam klasifikasi pada peta dengan menggunakan ukuran symbol. Hampir sama dengan Graduated Color, Graduated Symbol dapat digunakan untuk membedakan klasifikasi Populasi, jenis kelamin, umur, status warga, dll. Simbol Graduated Color terdiri dari bermacam ukuran symbol, dan tentunya berwarna sama. Dari simbol yang berukuran kecil, hingga simbol yang berukuran besar. Beda ukuran simbol tersebutlah yang akan membedakan klasifikasi-klasifikasi di atas. Sebagai contoh, untuk Populasi kurang dari 10.000 simbolnya berukuran kecil, sedangkan untuk populasi yang lebih dari 10.000 simbolnya berukuran besar. Fungsi dari opsi "Normalize by" yang ada pada Graduated Symbol sama dengan opsi "Normalize by" pada Graduated Color. Graduated Color digunakan saat kita ingin membedakan klasifikasi-klasifikasi suatu dareah dengan menggunakan ukuran symbol.


4. Unique Value : Unique Value digunakan untuk memberikan simbol pada value-value yang unuk yang akan ditampilkan pada peta. Unique Value menggunakan warna untuk membedakan jenis-jenis value pada peta tersebut. Unique Value terdiri dari macam-macam value yang unik, seperti nama kota, perbedaan umur (umur di bawah 30, atau umur di atas 30), status sosial (menika atau lajang), warga berkulit hitam atau berkulit putih, dll. Unique digunakan untuk memberikan simbol untuk hal-hal yang unik dengan menggunakan warna sebagai pembedanya.


5. Dot : Dot digunakan untuk memberikan gambaran pada peta untuk klasifikasi-klasifikasi tertentu dengan simbol dan background warna yang dapat kita tentukan sendiri. Dengan opsi "Density" dan "Normalize by" pada Dot, kita dapat menentukan klasifikasi yang akan kita tampilkan. Seperti populasi, jenis kelamin, umur dan juga dapat kita khususkan penyeleksian untuk menampilkan simbol apa saja pada peta.


6. Chart : Chart digunakan untuk memberikan gamabaran berupa grafik. Terdapat 2 jenis grafik, grafik balok dan grafik diagram. Pada Chart kita dapat menentukan klasifikasi yang ingin kita tampilkan. Contohnya kita tampilkan populasi dan jumlah warga berjenis kelamin pria pada suatu daerah. Maka pada peta akan muncul grafik dimana populasi dan berjenis kelamin pria, sehingga kita bisa melihat di daerah mana terdapat populasi dan warga berjenis kelamin pria paling sedikit atau terbanyak. Chart digunakan untuk memberikan gambaran berupa grafik pada peta seseuai klasifikasi yang telah kita tentukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar